Video dan Voice Chat untuk Gmail


Makin banyak kenikmatan disuguhkan Google pada Gmail. Kali ini mereka akan merilis fitur voice dan video chat untuk sistem operasi Windows maupun Mac OS X. Layanan baru ini merupakan kerjasama antara tim Google Swedia dan Google AS.

Diharapkan layanan baru tersebut dapat membantu dan mempromosikan kolaborasi global di kalangan usahawan. Tujuan lainnya adalah menyediakan antarmuka yang mudah digunakan sehingga mereka yang awam komputer pun dapat bercakap-cakap secara online (chatting).


Fitur ini berbeda dengan Skype. Karena ditanam langsung ke Gmail, penggunanya cuma membutuhkan plug-in yang sederhana. Plug-in akan menjaga ukuran aplikasi agar berkisar 2MB dan menggunakan format proprietary, bukan Flash yang digunakan oleh banyak program chat lain.

Keuntungannya terlihat pada cara dua komputer yang berkomunikasi terhubung. Alih-alih menggunakan desain point-to-point, semua trafik dari Gmail Video dan Voice akan dijalankan melalui server Google. Secara teori, kestabilannya menjadi lebih baik dan tidak terlalu membebani komputer Anda.

Cuma jangan terlalu berharap Gmail dapat menggantikan program video chat lain yang Anda pakai, seperti Skype. Sebab ada keterbatasan Gmail, yakni tidak mampu terkoneksi ke saluran telepon biasa. Sementara itu Skype versi berbayar bisa melakukannya, sehingga sering dipakai oleh kalangan bisnis. (kompas)

1 komentar:

Multama Nazri mengatakan...

wah2...salut, info nya komp bagus tuh

Design by Blogger Templates